minggu ketiga

 

TUGAS MINGGU KE-3

 

 

Pelajari kembali bahan-bahan kuliah di minggu ke tiga termasuk juga untuk materi tambahan yang sudah ditentukan.

TUGAS:

Berdasarkan jenis aplikasi dan kompleksitas teknologi yang digunakan, kita bisa mengelompokkan user ke dalam beberapa kategori, mulai dari home user, small user. sampai dengan power user. Pilihlah salah satu kategori, kemudian carilah bahan-bahan dari internet atau dari buku yang bisa menjelaskan lebih mendalam mengenai karakteristik user yg anda pilih tersebut, terutama dalam penggunaan aplikasi. Misal penjelasan contoh-contoh aplikasi yg digunakan dan apa manfaatnya.

Noted:

Tuliskan jawaban anda dalam bentuk dokumen (word) dan juga anda masukkan dalam Blog pribadi anda. Jangan lupa cantumkan daftar referensi/pustaka yg anda gunakan.

 

SELAMAT MENGERJAKAN

 

 

 

 

 

Home user merupakan pengguna komputer rumah yang memiliki koneksi
internet untu mengatur proses budget dan manajemen financial
personal

Contoh-contoh aplikasi yang digunakan oleh home user:

 

PIM adalah singkatan dari Personal Information Manager.
Sebuah PIM mungkin program perangkat lunak, seperti Outlook, atau perangkat, seperti PDA, tapi semua PIM menyediakan berbagai cara untuk login dan mengatur informasi pribadi dan bisnis seperti kontak, peristiwa, janji dan catatan.

PIM memiliki dua keuntungan utama di atas pena dan kertas alternatif untuk merekam informasi pribadi dan bisnis; PIM memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai jenis data semua di satu tempat dan PIM memungkinkan pengguna untuk mengakses data tersebut dengan lebih mudah.

Misalnya, jika kita ingat hanya bagian dari suatu catatan, seperti bagian dari nama bisnis, itu jauh lebih mudah untuk menemukan catatan yang Anda cari di PIM, dengan menggunakan fungsi pencarian, daripada untuk menemukannya dengan membalik-balik halaman direktori. PIM juga menawarkan integrasi catatan, jika anda memasukkan data ke Outlook (yang populer PIM) sebagai kontak, kita dapat dengan mudah mengakses informasi ketika Anda menulis email.

Dan PIM memungkinkan pengguna yang menggunakan jenis yang sama PIM untuk berkomunikasi dengan lebih mudah dan berbagi informasi. Outlook pengguna dapat memeriksa jadwal Outlook pengguna lain pada network yang sama ketika penjadwalan pertemuan, misalnya; PDA informasi pengguna dapat berkas satu sama lain.

Sulit membayangkan orang bisnis yang tidak menggunakan PIM semacam. Banyak mempunyai beberapa, seperti PIM juga dapat diintegrasikan dengan satu sama lain.

Trend di PIM tampaknya akan bergerak ke arah integrasi yang semakin meningkat sebagai perangkat menyatu. PIM sudah memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti menelusuri ‘Net dan merekam pesan suara; PIM yang merupakan bagian ponsel berada dalam karya-karya.
(http://sbinfocanada.about.com/library/glossary/bldef-pim.htm)

 

 

Personal finance aplication adalah

aplikasi penerapan prinsip-prinsip ekonomi keuangan untuk individu (atau keluarga) keputusan finansial. Keuangan pribadi adalah suatu analisis rinci arus keuangan pada berbagai titik dalam waktu. Sebagai contoh, kita mungkin menerima pendapatan kerja hari ini, tetapi harus membayar biaya pendidikan kuliah tahun depan. Hipotek pembayaran, bunga yang diperoleh, premi asuransi, dan berbagai aliran keuangan lainnya adalah peristiwa yang berulang ulang pada interval bulanan atau tahunan. Karena ini melibatkan beberapa periode waktu, kita harus bertanya “Apa peran apakah waktu yang ada dalam perhitungan keuangan ini?”.

Kita tahu bahwa jika kita menitipkan uang di rekening bank kita akan menerima bunga. Karena itu, kami lebih suka menerima uang hari ini bukan di masa depan. Uang yang kita terima saat ini adalah lebih berharga bagi kami daripada uang yang diterima di masa depan dengan jumlah bunga yang kita dapat memperoleh dengan uang. Hal ini disebut sebagai nilai waktu uang. Untuk menyesuaikan nilai waktu ini, kami menggunakan dua rumus sederhana. Rumus nilai sekarang digunakan untuk diskon aliran uang masa depan, yaitu, untuk mengubah jumlah masa depan mereka sekarang jumlah yang setara. Rumus nilai masa depan digunakan untuk mengubah hari ini uang ke jumlah yang setara pada suatu waktu di masa depan.

Semua perencanaan keuangan pribadi yang dilakukan oleh para profesional menggunakan rumus nilai waktu ini, serta beberapa varian lebih rumit dari rumus. Untuk mengabaikan peran yang dimainkan waktu dalam perencanaan keuangan adalah dengan mengabaikan salah satu prinsip paling penting keuangan pribadi.

Proses perencanaan keuangan

Proses perencanaan keuangan adalah proses dinamis yang membutuhkan pemantauan dan reevaluasi teratur. Secara umum, ia memiliki lima langkah: (menilai situasi kita, menetapkan tujuan, menyusun rencana, mengambil tindakan, dan memantau kemajuan Anda)

1. Menilai situasi keuangan kita biasanya dilakukan oleh kompilasi beberapa daftar. Daftar ini adalah versi disederhanakan neraca perusahaan dan laporan pendapatan. Pada neraca pribadi Anda, Anda daftar semua aset Anda (misalnya, mobil, rumah, pakaian, saham, rekening bank) dan memberikan nilai-nilai mereka. Anda juga daftar semua kewajiban Anda (misalnya, utang kartu kredit, pinjaman bank, hipotek) dan memberikan nilai-nilai mereka. Mengurangkan total liabilitas dari total aset akan menunjukkan kekayaan bersih pribadi Anda. Untuk memahami bagaimana kekayaan bersih pribadi Anda akan berubah di masa depan, Anda mengkompilasi apa yang disebut laporan arus kas pribadi. Ini daftar penghasilan Anda, dan pengeluaran Anda. Dengan mengurangi pengeluaran Anda dari pendapatan Anda, Anda memperoleh arus kas bersih Anda untuk periode tersebut. Jika arus kas bersih Anda positif, kekayaan bersih pribadi Anda akan meningkat. Kebanyakan orang terlalu meremehkan betapa mereka menghabiskan setiap tahun.

2. Menetapkan tujuan hidup Anda memberikan arah finansial. Contoh tujuan keuangan

(http://www.maxprog.com/forum/about158.html) adalah: “Untuk pensiun pada usia 50 dengan kekayaan pribadi $ 800.000”, atau “Untuk membe
3. Rincian rencana keuangan bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda. Ini dapat meliputi misalnya, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, meningkatkan pendapatan kerja Anda, atau perut babi investasi di masa depan. Namun Anda berencana untuk melakukannya, perhitungan rinci harus dibuat untuk setiap periode (biasanya tahunan). Dampak perpajakan dan inflasi harus dipertimbangkan.

4. Ketika Anda telah memutuskan rencana terbaik untuk tujuan dan keadaan Anda, Anda menerapkannya. Ini melibatkan mengambil tindakan spesifik. Sering memerlukan disiplin dan ketekunan. Banyak orang mendapatkan bantuan dari para profesional seperti akuntan, perencana keuangan, penasihat investasi, dan pengacara.

5. Dengan berjalannya waktu, penting untuk memantau kemajuan Anda. Jika tampaknya anda tidak akan mendapatkan tujuan Anda, Anda dapat mengubah rencana Anda atau menyesuaikan tujuan Anda.

Keuangan siklus-hidup

Perjalanan kita melalui kehidupan kita cenderung melalui tahapan-tahapan. Panggung kita temukan di dalam diri kita akan berdampak pada perencanaan keuangan kita. Modigliani dan Brumberg (1954) menyusun sebuah model untuk menjelaskan tahap-tahap ini. Berikut adalah versi sederhana:

1. Masing-masing didukung oleh orang tua
– Penghasilan sangat rendah
– Beberapa keputusan keuangan

2. Muda yang masih lajang
– Pendapatan hampir tidak cocok dengan pengeluaran – tidak ada penghematan
– Keputusan finansial cenderung kebanyakan jangka pendek
– Pembelian mobil, pakaian, sistem musik
– Penganggaran penting

3. Pasangan muda, tidak ada anak
– Pendapatan lebih besar dari pengeluaran – beberapa tabungan
– Membeli perabot rumah tangga
– Pembelian rumah

4. Pasangan (atau individu) dengan anak-anak
– Penghasilan kira-kira sama dengan pengeluaran
– Meng-upgrade rumah
– Membeli mainan anak-anak, pakaian, dan perlengkapan
– Pembelian asuransi jiwa
– Biaya kuliah
– Utang manajemen penting

5. Kosong nesters
– Pendapatan lebih besar dari pengeluaran
– Pembelian investasi
– Perencanaan pensiun penting
– Pajak pertimbangan penting

6. Pensiunan
– Pendapatan kurang dari pengeluaran
– Hidup dari tabungan
– Membeli pelayanan medis dan keperawatan
– Estat perencanaan adalah penting

Kegiatan keuangan ini tidak perlu terjadi dalam tahap-tahap seperti yang dijelaskan. Bahkan, sangat bermanfaat untuk melakukan banyak di antara mereka sedini mungkin. Estate perencanaan, perencanaan investasi, dan perencanaan pensiun semua harus dilakukan sesegera mungkin.

(http://www.maxprog.com/forum/about158.html)

 

processing word

Adalah aplikasi untuk membuat, mengedit, dan mencetak dokumen. Dari semua aplikasi komputer, pengolah kata yang paling umum. Untuk melakukan pengolah kata, kita butuh komputer, sebuah program khusus yang disebut pengolah kata, dan printer. Pengolah kata memungkinkan kita untuk membuat sebuah dokumen, menyimpannya secara elektronik dalam sebuah disk, tampilkan pada layar, mengubah itu dengan memasukkan perintah dan karakter dari keyboard, dan mencetak pada printer.
Keuntungan besar dari pengolah kata di atas dengan menggunakan mesin tik adalah bahwa kita dapat melakukan perubahan tanpa mengetik ulang seluruh dokumen. Jika kita membuat kesalahan mengetik, kita cukup kembali ke atas kursor dan mengoreksi kesalahan. Jika kita ingin menghapus sebuah paragraf, kita cukup menghapus hal itu, tanpa meninggalkan jejak. Hal ini sama-sama musah untuk menyisipkan kata, kalimat, atau paragraf di tengah dokumen. Pengolah kata juga membuat mudah untuk memindahkan bagian teks dari satu tempat ke tempat lain dalam dokumen, atau antar dokumen. Bila kita telah membuat semua perubahan yang Anda inginkan, kita dapat mengirim file ke printer untuk mendapatkan hardcopy.

Pengolah kata sangat bervariasi, tetapi semua pengolah kata mendukung fitur dasar sebagai berikut:

memasukkan teks: Memungkinkan kita untuk memasukkan teks dalam dokumen manapun.
menghapus teks: Memungkinkan kita untuk menghapus karakter, kata, baris, atau halaman semudah kita bisa menyeberang mereka di atas kertas.
memotong dan menyisipkan: Memungkinkan kita untuk menghapus (memotong) bagian teks dari satu tempat dalam sebuah dokumen dan masukkan (paste) di tempat lain.
salinan: Memungkinkan kita untuk menduplikasi bagian teks.
ukuran halaman dan margin: Memungkinkan kita untuk menentukan berbagai ukuran halaman dan margin, dan pengolah kata akan secara otomatis menyesuaikan teks sehingga cocok.
pencarian dan mengganti: Memungkinkan kita untuk mengarahkan pengolah kata untuk mencari kata tertentu atau frase. kita juga dapat mengarahkan pengolah kata untuk menggantikan satu kelompok dengan karakter lain yang di mana-mana kelompok pertama muncul.
kata wrap: Kata prosesor secara otomatis berpindah ke baris berikutnya ketika kita telah mengisi satu baris dengan teks, dan teks itu akan menyesuaikan kembali jika Anda mengubah margin.
mencetak: Memungkinkan Anda untuk mengirimkan dokumen ke printer untuk mendapatkan hardcopy.
Pengolah kata yang hanya mendukung fitur ini (dan mungkin beberapa orang lain) disebut editor teks. Kebanyakan pengolah kata, bagaimanapun, dukungan fitur tambahan yang memungkinkan kita untuk memanipulasi dan format dokumen dalam cara yang lebih canggih. Ini lebih maju pengolah kata kadang-kadang disebut kata berfitur lengkap prosesor. Kata berfitur lengkap prosesor biasanya mendukung fitur berikut:

file manajemen: Banyak file pengolah kata berisi kemampuan manajemen yang memungkinkan Anda untuk membuat, menghapus, memindahkan, dan mencari file.
font spesifikasi: Memungkinkan Anda untuk mengubah font dalam dokumen. Sebagai contoh, Anda dapat menentukan huruf tebal, huruf miring, dan menggarisbawahi. Kebanyakan pengolah kata juga membiarkan Anda mengubah ukuran font dan bahkan tipografi.
catatan kaki dan referensi silang: yang otomatis penomoran dan penempatan catatan kaki dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah referensi silang bagian lain dari dokumen.
grafis grafis: Memungkinkan Anda untuk menanamkan ilustrasi dan grafik ke dalam dokumen. Beberapa pengolah kata membuat anda dapat membuat ilustrasi dalam pengolah kata yang lainnya membiarkan Anda memasukkan ilustrasi yang dihasilkan oleh program yang berbeda.
header, footer, dan penomoran halaman: Memungkinkan Anda untuk menentukan header dan footer disesuaikan bahwa pengolah kata akan menempatkan di bagian atas dan bawah dari setiap halaman. Pengolah kata secara otomatis melacak nomor halaman sehingga angka yang benar muncul pada setiap halaman.
layout: Memungkinkan Anda untuk menentukan margin yang berbeda dalam satu dokumen dan berbagai metode untuk menentukan Indentasi paragraf.
makro: Sebuah makro adalah karakter atau kata yang mewakili serangkaian penekanan tombol. The keystrokes dapat mewakili teks atau perintah. Kemampuan untuk mendefinisikan macro memungkinkan Anda untuk menyelamatkan diri banyak waktu dengan mengganti kombinasi Common keystrokes.
gabungan: Memungkinkan Anda untuk menggabungkan teks dari satu file ke file lain. Hal ini berguna untuk menghasilkan banyak file yang memiliki format yang sama namun data yang berbeda. Membangkitkan label surat adalah contoh klasik menggunakan penggabungan.
spell checker: Sebuah utilitas yang memungkinkan Anda untuk memeriksa ejaan kata-kata. Akan menyorot kata-kata yang tidak mengenali.
tabel isi dan indeks: Memungkinkan Anda untuk secara otomatis membuat daftar isi dan indeks didasarkan pada kode khusus yang Anda masukkan dalam dokumen.
tesaurus: built-in thesaurus yang memungkinkan Anda untuk mencari sinonim tanpa meninggalkan pengolah kata.
jendela: Memungkinkan Anda untuk mengedit dua atau lebih dokumen pada waktu yang sama. Setiap dokumen ditampilkan dalam jendela terpisah. Hal ini terutama berharga ketika bekerja pada sebuah proyek besar yang terdiri dari beberapa file yang berbeda.
WYSIWYG (apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan): Dengan WYSIWYG, sebuah dokumen akan muncul di layar tampilan sama persis seperti yang akan tampak bila dicetak.
Garis pemisah pengolah kata dari sistem penerbitan desktop terus bergeser. Secara umum, meskipun, dukungan aplikasi desktop publishing kontrol yang lebih baik tata letak, dan lebih banyak dukungan untuk full-color dokumen.

Online banking adalah Sebuah sistem yang memungkinkan individu-individu untuk melakukan kegiatan perbankan di rumah, melalui internet. Beberapa online bank bank tradisional yang juga menawarkan online banking, sementara yang lain sedang online saja dan tidak memiliki kehadiran fisik. Online banking melalui bank-bank tradisional memungkinkan pelanggan untuk melakukan semua transaksi rutin, seperti transfer rekening, saldo pertanyaan, pembayaran tagihan, dan stop-permintaan pembayaran, dan beberapa bahkan menawarkan pinjaman online dan aplikasi kartu kredit. Informasi account dapat diakses kapan saja, siang atau malam, dan dapat dilakukan dari manapun. Beberapa bank online update informasi secara real-time, sementara yang lain melakukannya setiap hari. Setelah informasi telah dimasukkan, tidak perlu dimasukkan kembali untuk pemeriksaan berikutnya yang serupa, dan masa depan pembayaran dapat dijadwalkan untuk terjadi secara otomatis. Banyak bank memungkinkan untuk transfer file antara program dan paket perangkat lunak akuntansi yang populer, untuk menyederhanakan pencatatan. Meskipun keuntungan, ada beberapa kekurangan. Memang butuh waktu untuk menyiapkan dan terbiasa rekening online. Juga, beberapa bank hanya menawarkan online banking di wilayah yang terbatas. Selain itu, ketika membayar pemegang rekening online, dia mungkin harus dimasukkan ke dalam permintaan cek sebanyak dua minggu sebelum jatuh tempo pembayaran, tetapi bank dapat menarik uang dari rekening hari permintaan tersebut diterima, yang berarti orang telah kehilangan hingga dua minggu bunga atas pembayaran tersebut. Online-bank hanya memiliki beberapa kelemahan tambahan: pemegang rekening harus surat di deposito (selain deposito langsung), dan beberapa layanan yang ditawarkan bank-bank tradisional sulit atau tidak mungkin bagi bank online-hanya menawarkan, seperti cek dan kasir cek.

Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. Adapun beberapa istilah yang sering muncul pada saat kita menggunakan web browser adalah sebagai berikut :

Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. Adapun beberapa istilah yang sering muncul pada saat kita menggunakan web browser adalah sebagai berikut :

-website adalah Halaman-halaman web saling terhubung dalam suatuwebsite

-homepage adalah Halaman awal ketika suatu situs dimunculkan, biasanya juga sebagai penghubung ke website-website yang lain

-URL adalah Alamat unik pada suatu halaman web, yang sigunakan web server untuk mengirimkan halaman web tersebut ke komputer yang mengaksesnya

-WWW adalah Kumpulan dari dokumen-dokumen elektronik yang kemudian disebut web, tiap dokumen tersebut dinamakan web page

Portal adalah Web yang menyediakan berbagai jenis layanan misal pencarian, olahraga, hiburan dsb

-Terdapat beberapa macam web browser yang dapat kita pakai untuk menampilkan halaman-halaman website. Ada 3 jenis web browser yang sering dipakai adalah :

l Internet Expoler

l Netscape

l Mozilla

 

r Fungsi Web Browser

Untuk membuat aplikasi Web, dalam hal ini kita menggunakan HTML. Di sini kita membutuhkan suatu editor yang berguna untuk mengetik, mengedit atau menyimpan dokumen-dokumen HTML Editor untuk mendesain suatu Web dibagi 2 yaitu WYSIWYG (Graphic) Editor, antara lain Notepad dan Ultra Edit, dan Editor WYSIWYG, antara lain Netscape dan Front Page.

r Struktur Dasar HTML

Fungsi utama dari web browser adalah untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet, selain itu kita dapat menyimpan website tersebut dan dapat kita panggil lagi kemudian (Bookmark), website juga dapat disimpan (save) hingga informasi-informasi di dalamnya dapat kita ambil.

r Internet Expoler

Di sini saya mengambil Internet Expoler sebagai web browser nya. Microsoft Internet Expoler, merupakan software yang Built-in dengan sistem operasi Windows. Versi dari Internet Expoler berbeda-beda sesuai dengan sistem operasi Windows yang digunakan (IE 4.0 uNTUK wINDOWS 98/ME, IE 5/6 untuk Windows XP). Untuk memulai Internet Expoler dapat dilakukan dengan cara berikut :

l Pilih program Internet Expoler, dapat melalui start atau melalui icon internet expoler.

l Lakukan koneksi ke internet terlebih dahulu, bila diperlukan.

l Ketik alamat website yang akan dituju, jika koneksi berjalan maka akan tampil halaman web yang Anda inginkan


Untuk membuka suatu website terdapat dua cara yang dilakukan yaitu :

l Pertama. Memilih menu File, kemudian Open maka akan ditampilkan jendela Open. Lalu masukkan alamat website yang Anda inginkan. Misalnya http://www.unikom.ac.id, kemudian tekan tombol OK atau Enter, maka akan dimunculkan website tersebut.

l Kedua. Dengan memasukkan langsung alamat websitenya ke kotak address yang terdapat di jendela Internet Expoler.

Tombol-tombol lain yang biasa digunakan adalah sebagai berikut :

-back Untuk kembali ke halaman sebelumnya

-stop Untuk menghentikan proses loading website

-Forward Untuk ke halaman berikutnya

-Refresh Untuk mengulang loading website

-Save As Untuk menyimpan website yang sedang dibuka yang dapat dilakukan dengan memilih menu File, kemudian Save As

-save as picture Untuk menyimpangambar pada website dengan cara mengklik kanan mouse pada gambar yang
diinginkan kemudian pilh Save As Picture

(http://atikindah.tripod.com/web_browser.html)

 

E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).

Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:

1. Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com

2. Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.

3. Mengetahui E-mail yang di tuju.

Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com.

(http://www.g-excess.com/id/study/pengertian_email.html)

Instan Messaging adalah merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instant messaging), suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, misalnya Internet.Komunikasi digital semakin banyak ragamnya. Dulu sekitar tahun 1996 muncul ICQ sebuah plesetan dari I Seek You yang dibuat oleh orang Israel dengan identitas berbentuk nomor yang saat ini sudah mencapai 200juta lebih. Aplikasi ini kemudian dikenal sebagai messenger atau instant-messenger. ISP besar AOL juga ikut meramaikan dunia messenger diberi nama AIM yang dipadukan dengan aplikasi Netscape saat itu (mulai versi 3 kalau tidak salah). Bedanya adalah AIM menggunakan nickname atau namauser sebagai identitas utama atau account. Search engine Yahoo semakin berkembang dan turut pula membuat messenger dengan konsep single account, anda punya account email Yahoo maka anda bisa langsung menggunakannya sebagai account Yahoo Messenger, selain juga sebagai account untuk administrasi YahooGroups. Kemudian AIM dan ICQ bergabung dalam satu manajemen, mungkin berusaha berkompetisi dengan YM yang semakin banyak dipakai karena kemudahannya. Microsoft pun tak ingin ketinggalan membuat MSN Messenger yang pre-installed pada sistem operasi mutakhirnya. Konsep yang ditawarkan adalah MSN Passport di mana kita bisa mendaftarkan email address kita masing-masing sebagai passport/account MSN Messsenger. Jadi tidak harus menggunakan account email Hotmail atau MSN untuk menggunakan MSN Messenger. Kalangan Open Source membentuk pula messenger ini dengan konsep distributed terinterkoneksi dengan engine bahasa XML yang dinamakan Jabber yang dipelihara dan dikembangkan oleh Jabber Software Foundation. Messenger Jabber sendiri sebenarnya hanya sebagian kecil dari aplikasi yang diusulkan oleh JSF. Beberapa hari yang lalu protokol XMPP yang digunakan Jabber sudah diterima menjadi draft RFC. RFC adalah draft standar dalam internet, memuat standardisasi teknis dan non-teknis aplikasi TCP/IP. Konsep distributed interconnected yang ditawarkan Jabber adalah bahwa setiap orang/komunitas dapat membuat server sendiri dengan user account masing-masing dan antar server tersebut saling terhubung sehingga user Jabber di server satu bisa berkomunikasi dengan user Jabber di server lain. Identitas yang digunakan berbentuk seperti email, user@server.jabbernya

 

Encyclopedias adalah aplikasi yang berisi istilah-istilah dalam bidang-bidang tertentu,

misalnya istilah-istilah kedokteran/medis,

dengan aplikasi ini membantu kita dalam mencari arti-arti yang kita tidak mengerti.

 

Medical dictionaries adalah kamus istilah-istilah yang digunakan dalam kedokteran,

dan dengan seiringnya perkembangan jaman kamus-kamus ini tidak lagi berbentuk buku,

tetapi berbentuk kamus online atau juga tersedia dalam bentuk software yang dapat dipakai dalam windows dan apple. dan juga tersedia kamus elektronik untuk obat-obatan.

(http://en.wikipedia.org/wiki/Medical_dictionary)

 

Road Atlas merupakan peta digital yang tersedia dalam software komputer yang digunakan untuk mencari alamat jalan atau tempat-tempat umum tertentu contohnya rumah sakit, mall, tempat rekreasi, dll. road atlas biasanya hanya mencakup satu kota,

dan spesifik untuk penunjuk jalan.

 

Entertainment softtware adalah software yang digunakan untuk hiburan dan mengisi waktu luang,

contohnya aplikasi musik untuk mendengarkan musik-musik yang pada umumnya berbentuk dalam .mp3

aplikasi games aplikasi yang digunakan untuk memainkan games-games tertentu yang dapat digunakan semua usia.

 

Educational software adalah software yang digunakan untuk membantu anak-anak agar dapat lebih interest dalam belajar,

children’s math aplikasi yang mengajarkan anak-anak agar berhitung yang menyenangkan,

reading software adalh software yang mengajarkan anak-anak untuk membaca dan mendengarkan dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in tugas pengantar Teknologi Informasi. Bookmark the permalink.